Daftar Menu Kuliner Khas Kudus Yang Wajib Kalian Coba


Hallo pecinta kuliner ? jumpa lagi di blog AtasLaptop. Kali ini kita akan mereview makanan khas dari Kabupaten Kudus. Yuk langsung saja kita lihat deretan menu makanan khas kudus yang wajib kita santap.

Soto Kudus

Hampir di tiap-tiap daerah pasti memiliki menu makanan Soto. Nah di daerah Kabupaten Kudus sendiri terkenal dengan Soto Daging Kerbau, karena di Kudus tidak memperbolehkan memotong sapi sebagai perintah Sunan Kudus, itu berakibat dalam makanan juga. Bedanya Soto Kudus dengan Soto Semarang terletak pada tambahan soun dan telur ayam, Soto Kudus hanya kecambah, daun bawang, dan seledri. Ini bisa menjadi menu favorit buat temen-temen pecinta kuliner Soto, karena soto ini memiliki cita rasa yang wenak dan mantap.

Lentog Tanjung

Lentog Tanjung adalah makanan khas Kabupaten Kudus, akan tetapi lontong ini memiliki beberapa perbedaan dengan lontong di daerah lain. Berikut penjelasan mengenai Lentog Tanjung, Lentog yang berarti lontong dan Tanjung yang berarti desa Tanjungkarang. Jadi Lontog Sendiri bahan dasarnya adalah lontong tetapi perbedaannya terletak pada racikan bahan-bahan bumbunya. Menu makanan ini biasa dicari penikmat kuliner untuk sajian sarapan di pagi hari. Kalau kita berada di Kudus, tak usah khawatir ada sentra penjualan Lentog Tanjung yaitu di sebelah Utara terminal Kudus atau sebelauh utaranya jalan lingkar Tanjungkarang.

Nasi Pindang

Menu makanan khas Kudus yang satu ini berasal dari Pegunungan Muria, tepatnya Desa Colo, Kecamatan Dawe. Nasi Pindang ini adalah nasi dengan irisan daging dan daun melinjo yang diguyur kuah santan. Makanan ini menjadi khas karena menggunakan irisan daging kerbau seperti halnya pada Soto Kudus. Nasi Pindang Kudus ini mempunyai kemiripan dengan Rawon yang ada di Jawa Timur, yang membedakan Nasi Pindang Kudus dengan Rawon Jawa Timur terletak pada kuah santan yang dicampur keluak dan daun melinjo yang menjadikannya istimewa.


Sate Kerbau

Di kebanyakan daerah pasti banyak sekali penjual sate. Saat kalian berada di Kabupaten Kudus jangan lupa untuk mencicipi Sate Kerbau khas Kudus. Sate kerbau mempunyi daya tarik bukan hanya dari bahan dasarnya tetapi juga dari rasanya.

Nah gimana ni gays yakin gak mau coba makanan yang asli mengoda selara lidah ini. Jangan lupa untuk mampir ke kudus ya buat mencicipi makanan di atas. Sampai jumpa dipertemuan kita berikutnya mengenai masakan khas daerah yang ada di Indonesia. Jangan lupa untuk komentar di bawah ya, terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Daftar Menu Kuliner Khas Kudus Yang Wajib Kalian Coba"

Post a Comment