Tahukah Kalian Siapa Orang Indonesia Yang Pertama Kali Memiliki Mobil ?


Pada tahun 1894 sudah ada orang Indonesia yang memiliki Benz Phaeton, mobil pertama di dunia. Mobil tersebut sebenarnya baru diproduksi oleh Carl Benz pada tahun 1886. Padahal di Negara Belanda sendiri yang notabenya sedang menjajah Indonesia, Benz Phaeton baru ada sekitar tahun 1896an.

Lalu siapakah orang Indonesia yang pertama kali memiliki Benz Phaeton tersebut dan siapa saja pemilik mobil berikutnya? Berikut deretan pemilik mobil pertama di Hindia Belanda seperti dilansir situs kompasiana dan koleksimobil.

Sunan Pakubuwono X di Surakarta pada tahun 1894
Pemilik mobil pertama pada masa kolonial Hindia Belanda adalah Sunan Pakubuwono X dari Surakarta pada tahun 1894an. Mobilnya sendiri adalah Benz Phaeton yang mengusung mesin satu silinder, 2.0 liter dan bertenaga 5 hp.

Prof. Dr. W. Schrüffner di Medan pada tahun 1902
Pemilik mobil kedua kedua di masa Hindia Belanda berikutnya adalah Prof Dr W Schrüffner di Medan pada tahun 1902. Benz ini bermesin dua silinder, berpendingin air, bertenaga 5 hp. Lampu depannya sudah menggunakan sepasang lentera. Jadi mobil ini bisa di katakan sedikit lebih baik dari mobil pendahulunya.

Raden Mas Arjo Tjondro di Brebes pada tahun 1904
Orang ketiga yang tercatat sebagai pemilik mobil di masa Hindia Belanda yaitu Bupati Brebes, Raden Mas Arjo Tjondro yang membeli sebuah Orient Backboard lansiran tahun 1904. Mobil satu silinder dengan tenaga 8 hp ini dilengkapi transmisi maju dan mundur, serta sistem penggerak roda berupa rantai.

Kanjeng Raden Sosrodiningrat di Surakarta pada tahun 1907
Di  tahun 1907an, Kanjeng Raden Sosrodiningrat yang masih keluarga raja Surakarta membeli sebuah mobil merk Daimler. Mobil bermesin empat silinder ini sama dengan kendaraan yang dipakai oleh Gubernur Jenderal (orang Belanda) di Batavia kala itu.

Haji Muhammad Usman Syah di Maluku pada tahun 1913
Pemilik mobil berikutnya adalah Haji Muhammad Usman Syah yang adalah seorang Sultan Ternate pada tahun 1913. Sultan membeli mobilnya setelah merasakan nikmatnya perjalanan keliling Maluku di dalam mobil King Dick yang dikemudikan oleh seorang Belanda.

Nah bagaimana gays, orang indonesia juga keren-keren kan pada jaman dahulu di masa penjajahan sudah ada yang memiliki mobil. Sekian review mengenai deretan orang indonesia yang pertama kali yang memiliki mobil. Jika di antara temen-temen ada yang lebih tahu bisa coret-coret di bawah untuk saling berbagi ilmu, terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tahukah Kalian Siapa Orang Indonesia Yang Pertama Kali Memiliki Mobil ?"

Post a Comment